Mengenal Search Engine dan Search Engine Optimization



Apa itu Search Engine dan SEO?

Search Engine atau biasa disebut mesin pencari, merupakan suatu program atau aplikasi website yang bertugas untuk melakukan pencarian berdasarkan kata kunci yang diketikkan pada form pencarian.

Sedangkan Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO adalah ilmu yang mempelajari bagaimana mendapatkan posisi paling teratas di hasil pencarian Search Engine. Karena itu SEO juga disebut dengan Search Engine Return Page (SERP).

Ilmu SEO sendiri sudah ada sejak tahun 1997. Search Engine pada masa itu memiliki banyak kekurangan. Antara lain mengindeks situs-situs yang di dalamnya memilik banyak kata kunci dan link. Padahal website tersebut sama sekali tidak ada hubungannya dengan kata kunci yang kita cari.

Dengan kondisi seperti itu, tentu ada pihak yang diuntungkan dan ada juga yang dirugikan. Dalam sistem ini bukan tidak mungkin website yang melakukan teknik SEO yang bersih malah dikeluarkan dari pencarian Search Engine sedangkan website yang curang justru sebaliknya.

Target utama dari melakukan teknik SEO ini adalah pengunjung. Semakin banyak pengunjung yang datang ke suatu website, maka semakin terkenal website tersebut.


Lalu apa yang bisa diperoleh dari pengunjung-pengunjung tersebut?

Diantaranya, kita dapat mempromosikan barang dagangan, menghasilkan uang dengan menyediakan spase iklan di website kita , memasang pay per click dan masih banyak lagi.

Dengan keuntungan-keuntungan diatas, tidak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba membuat website, blog atau forum dan menjadikannya teratas di hasil pencarian Search Engine.

Setidaknya itulah sedikit penjelasan tentang SEO dan Search Engine, dengan kita memahaminya kita akan dapat menggunakan search engine maupun SEO dengan bijak dan tidak merugikan orang lain. Semoga bisa membantu.

Tidak ada komentar:

Silahkan tinggalkan komentar disini...

Diberdayakan oleh Blogger.