Perbedaan Website dan Blog

Perbedaan Website dan Blog - Sebelum kita akan membahas tentang SEO dan juga bagaimana meningkatkan jumlah pengunjung website ataupun blog, ada baiknya kita mengetahui perbedaan antara website dan juga blog itu sendiri.


Apa bedanya website dengan blog?

Itu pertanyaan saya saat dulu masih berada di jenjang pendidikan SMK. karena bagi saya, sekilas tidak ada perbedaan antara website dan blog. Tetapi dalam postingan berikut ini, saya akan berusaha memaparkan sedikit definisi tentang website dan blog:
Definisi website:

Web_site (situs web) adalah sebuah halaman web yang memiliki topik saling terkait dan biasanya didukung dengan gambar, video ataupun berkas lainnya, sehingga pengunjung dapat lebih memahami topik dalam website tersebut.

Website selalu dapat diakses gratis melalui jaringan internet (LAN atau WLAN) walaupun terkadang ada beberapa website yang menggunakan sistem member jika ingin mengaksesnya. contohnya: mail server/email, forum dan situs-situs yang mengutamakan privasi dari penggunanya itu sendiri.
Jenis-jenis website:

Terdapat 3 jenis website secara umum yaitu;

Website Statis

Website yang isinya tidak dirubah secara berkala, ini karena informasi yang disampaikan tidak selalu berubah. Contohnya: website suatu perusahaan, website hotel, dll.
Website Dinamis

adalah website yang secara berkala di tambahkan artikel-artikel baru, ini berkaitan dengan informasi baru yang harus segera disebarkan. contohnya situs berita.
Website Interaktif

ini adalah website yang bisa dibilang mendominasi di dunia internet. karena dalam website interaktif, seorang admin dan pengunjung dapat berinteraksi dan saling memberikan pendapatnya masing-masing. Konten yang ditampilkan dalam website interaktif tidak mesti harus yang formal-formal, biasanya bisa berupa pengalaman pribadi atau kutipan dari berbagai sumber yang bisa dipercaya. contohnya adalah weblog atau forum.

Definisi Blog:

Web_log (blog) adalah sebuah aplikasi web yang berisikan tulisan-tulisan formal maupun tidak formal atau bahkan pengalaman pribadi tentang suatu hal dan dapat diakses secara bebas melalui jaringan internet.

Sedangkan blogger adalah orang yang melakukan update secara berkala terhadap suatu blog.
Kesimpulan

Blog adalah bagian atau pengembangan dari sebuah website. Itu karena suatu blog juga memiliki komponen-komponen yang sama seperti HTML, CSS dan juga PHP yang terdapat juga di website. Tetapi ini semua bergantung dari mana blog itu dibuat, apakah blog gratisan dari Blogger.com, Wordpress.com, Blogdetik.com ataukah memang buatan sendiri yang menggunakan CMS dari Wordpress maupun Joomla yang kesemuanya memiliki kelebihan dan kelemaham masing-masing.

Jadi, apakah kalian sudah punya keinginan membuat sebuah blog atau website?

Tidak ada komentar:

Silahkan tinggalkan komentar disini...

Diberdayakan oleh Blogger.